Harga Ikan Lele Saat Ini Bisa Membikin Petani Lele Meraup Profit

Harga Ikan Lele Saat Ini Bisa Membikin Petani Lele Meraup Profit

Budidaya ikan pada saat ini adalah usaha yang amat menjanjikan, hal tersebut pastinya dikarenakan orang-orang sangat hobi mengonsumsi ikan. Selain rasanya yang nikmat, banyak mengandung zat bergizi di dalamnya. Salah satu budidaya ikan yang menguntungkan adalah budidaya ikan lele. Dengan harga ikan lele yang kian naik, membuat para pembudidaya bisa menghasilkan untung besar.
Bila anda mau mengawali bisnis budidaya, karenanya kami sangat memberi saran anda untuk mengerjakan budidaya lele. Mengapa kami menyarankan budidaya ikan lele? Karena budidaya ikan lele adalah salah satu budidaya yang amat simpel. Sebab, karakter ikan lele dikenal sangat kuat banting, sehingga mengakibatkan tingkatan keberhasilannya naik. Pastinya, laba akan anda dapatkan dengan budidaya lele.

Kelebihan Mengerjakan Budidaya Ikan Lele

Harga Ikan Lele
Harga Ikan Lele
Kelebihan yang anda dapatkan saat budidaya ikan lele sangatlah besar. Untuk itu di sini kami akan membeberkan kepada anda tentang beberapa keuntungan melakukan budidaya ikan lele. Sehingga dengan begitu anda tidak ragu lagi untuk melakukan usaha ini. Berikut beberapa keuntungan melaukan budidaya ikan lele:

Modal yang Kecil

Harga benih ikan lele sangatlah relatif murah sehingga anda bisa mengawali dengan modal kecil. Mesikipun cuma menerapkan modal kecil, untung yang akan anda dapat cukup besar. Selain harga bibit ikan lele murah, anda juga dapat menyusun kolam lele cuma dengan kolam terpal. Membikin kolam terpal sangatlah terjangkau.

Budidaya yang Simpel

Disamping modal yang diperlukan kecil, melakukan budidaya ikan lele bisa dikatakan benar-benar gampang. Disamping yang telah kami jelaskan di atas, bahwa ikan lele mempunyai karakter yang kuat banting, sehingga anda tidak perlu takut rugi atau takut budidaya anda gagal sebab banyaknya ikan yang mati. Selain itu, ikan lele juga dapat hidup di zona yang memiliki kepadatan yang tinggi. Sehingga dalam satu kolam anda dapat memasukan banyak ikan lele.

Merupakan Makanan Favorit

Ikan merupakan salah satu makanan favorit masyarakat, termasuk ikan lele. Maka, seandainya melakuka budidaya ikan lele, anda tak perlu takut apabila ikan anda tak akan terjual. Analisis rasa yang lezat serta bentuk yang padat dan lembut, akibatnya ikan lele menjadi menu unggulan masyarakat. Disamping itu, muatan protein yang cukup tinggi juga menjadi salah satu dalil kenapa ikan lele disenangi oleh orang-orang.

Analisa Keuntungan dari Harga Budidaya Ikan Lele di Pasaran

Disini kami akan memberikan anda perhitungan mengenai keuntungan yang akan anda temukan saat budidaya ikan lele. Untuk contohnya, di sini kami menggunakan analisa menggunakan 1000 ekor ikan lele. Untuk melihat laba, pastikan anda harus memahami hal terpenting dulu modal yang anda perlukan.

Harga bibit ikan lele yang berukuran 3-5 cm pada saat ini yakni sekitar Rp 185/ekor. Sehingga modal yang anda perlukan untuk 1000 ekor yakni Rp 185.000. Selain harga benih ikan lele, kita juga mesti menghitung pakan ikan. Per 1000 ekor lele memerlukan kurang lebih 50kg pakan dengan harga sekitar Rp 10.000/kg. sehingga keseluruhan untuk pakan ternak yang anda butuhkan seharga Rp 500.000. Sesudah dikalkulasi antara modal benih dan pakan, maka semua total modal yang anda butuhkan yaitu Rp 685.000.

Selesai mengitung modal, anda dapat menghitung keuntungan yang anda peroleh. Karena, mungkin terdapat kemungkinan sebagian ikan mati, maka, kita asumsikan tingkat keberhasilannya adalah 90%. Sehingga dari 1000 ekor ikan lele yang dapat dipasarkan yakni 900 ekor. harga jual ikan lele dari peternak memakai satuan kilogram. Dalam satu ekor yang siap jual rata-rata mempunyai berat sebesar 0,2 kg. Jadi dalam 900 ekor mempunyai berat 180kg.

Sedangkan harga ikan lele pada saat ini sekitar Rp 20.000/kg. Sehingga pendapatan yang anda temukan ialah Rp 3.600.000. Maka laba kotor yang akan anda peroleh berdasarkan modal dan pendapatan ialah Rp 3.100.000. Gimana benar-benar menguntungkan bukan? perlu anda ketahui bahwa budidaya dengan 1000 ekor termasuk dalam kelompok kecil. Sehingga anda bisa mencoba lebih dari 1000 ekor dan temukan keuntungan yang lebih besar.

Komentar